Sabtu, 12 Januari 2008

Sinar Perenggut Income

Kalender menunjuk tanggal 12 Januari 2008. Hari Sabtu tengah hari saya berkenalan dengan seorang nasabah perusahaan asuransi yang telah diakuisisi oleh Sequislife. Saat ini kewajiban perusahaan tersebut beralih ke Sequislife, sehingga nasabah tersebut melakukan pembayaran melalui kantor Sequislife. Namanya pak Adi (disamarkan). Saat itu kami larut dalam pembicaraan mengenai perlunya program Proteksi Income bagi keluarga. Dan kisah ini kemudian meluncur sehingga dapat Anda baca melalui blog ini.


Saya punya teman bernama Sandi (disamarkan). Saat itu pak Sandi berusia 34 tahun. Anak yang pertama sekolah di play group, berusia sekitar 4 tahun. Anak kedua masih dalam kandungan istrinya. Dengan postur tinggi besar selama ini pak Sandi sehat-sehat saja. Beliau suka sekali berkebun. Pembawaannya selalu ceria dan suka menolong orang lain. Wajar beliau disukai banyak kawan. Istrinya seorang ibu rumah tangga yang baik. Sudah enam tahun pak Sandi menjadi rekan sekerja saya di salah satu perusahaan telekomunikasi.


Suatu hari beliau harus lembur dan pulang malam, sekitar jam 9. Dalam kondisi capek dan ngantuk, pak Sandi pulang naik motor. Tiba-tiba ada sorot lampu mobil yang menusuk lensa matanya. Pak Sandi kaget dan jatuh. Malang tak dapat ditolak, tulang belakang pak Sandi sampai patah karena terbentur batu-batu di pinggir jalan. Dalam kondisi setengah tidak sadar, pak Sandi dibawa ke salah satu rumah sakit terdekat. Karena fasilitas kurang mendukung, tengah malam itu pak Sandi dipindahkan ke rumah sakit lain yang lebih lengkap.


Kejadian di atas terjadi di salah satu hari di bulan Agustus 2006. Hari demi hari pak Sandi mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan ditunggui oleh saudara dan keluarganya. Dokter tidak berani melakukan operasi karena peluang berhasil tidak terlalu besar. Minggu berlalu, bulan berlalu. Beruntunglah keluarga pak Sandi karena perusahaan tempat pak Sandi mengcover biaya perawatan di rumah sakit. Kalender sudah masuk bulan terakhir, pak Sandi belum menunjukkan tanda-tanda membaik.


Pak Sandi punya kakak yang rajin menunggui di rumah sakit. Saat itu salah satu kakak lainnya tengah menderita kanker. Kakak ini sangat disayangi pak Sandi. Dalam kondisi yang sama-sama sakit, tentu pak Sandi tak bisa menunjukkan perhatiannya. Di tengah perawatan dengan kondisi pak Sandi yang tidak stabil, kakak yang menunggui pamit ke luar kota. Karena tak juga menunjukkan perbaikan, akhirnya pertengahan Desember keluarga menempuh pengobatan alternatif di kota P. Sekitar 2 minggu pak Sandi menjalani perawatan alternatif.


Lama sang kakak tak kembali, membuat pak Sandi jadi gelisah. Berita yang datang menyebutkan kakak yang menderita kanker sudah meninggal. Kondisi pak Sandi berangsur-angsur drop karena kakak yang meninggal termasuk kakak yang disayanginya. Seminggu dari berita meninggalnya kakak, pak Sandi menghembuskan nafas terakhir pada saat anak keduanya berumur satu minggu. Kalender menunjukkan tanggal 25 Desember 2006.”


Pembaca, sangat tidak terduga bahwa seberkas sinar bisa merenggut income dari pemiliknya. Akibatnya sangat fatal karena kedua anak yang relatif masih sangat kecil tetap memerlukan biaya untuk hidupnya, untuk pendidikannya. Dan jumlahnya sangat besar. Istri yang tiba-tiba ditinggal seringkali dalam kondisi yang tidak siap bekerja. Ini merupakan malapetaka finansial.


Karena kita tidak tahu sampai kapan usia berakhir, sebaiknya malapetaka finansial ini perlu kita antisipasi dengan membeli program Proteksi Income. Program ini akan memproteksi income Anda sehingga ketika hidup harus berakhir, keluarga tetap mendapatkan haknya. Yaitu income yang selama ini diberikan oleh suami/ayah.


Bila Anda sangat mencintai keluarga, lindungilah income Anda selagi sempat. Resiko sakit/meninggal yang sewaktu-waktu datang bisa merenggut income Anda dari dompet keluarga. Bagaimana menghitung Uang Pertanggungan yang harus Anda miliki?


Tulislah income per bulan yang Anda miliki. Misalnya, 10 juta sebulan. Kalikan angka tersebut dengan 12, jumlah bulan dalam setahun. Misalnya, 10.000.000 x 12 = 120.000.0000. Saat ini rate deposito tertinggi adalah 8%. Untuk memudahkan perhitungan, anggap saja 10%. Bagilah hasil perkalian tadi dengan 10%. Misalnya, 120.000.000 : 10% = 1.200.000.000. Angka inilah yang harus Anda tentukan sebagai Uang Pertanggungan. Bagaimana angka ini bisa melindungi income?


Jika pembaca meninggal dunia, Sequislife akan menyerahkan nilai 1.200.000.000 kepada istri. Nilai ini sebaiknya didepositokan dengan rate mendekati 10%, sehingga keluarga akan tetap mendapatkan 10% x 1.200.000.000 = 120.000.000 setahun. Angka ini menjadi 10.000.000 sebulan. Sama seperti income suami/ayah semasa hidup. Sementara uang 1,2 M menjadi dana abadi.


Pembaca, bila Anda membutuhkan ilustrasi, silakan Anda menulis email dengan data nama Anda, tanggal lahir dan besar income per bulan ke wnugroho@sequisfriend.com. Saya akan kirimkan ilustrasi melalui alamat email Anda. Silakan Anda pelajari, dan saya siap memberikan penjelasan lebih lanjut. Sayangilah keluarga Anda dengan memproteksi income Anda, segera. Terima kasih.

Tidak ada komentar: